Kamis, 29 Desember 2016

Membuat Website



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Langsung aja Yuk,
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat sebuah website, bisa dengan cara manual yaitu kita membuat sendiri website di komputer kita, setelah jadi maka website tersebut bisa di upload ke hosting.
Cara lainnya adalah dengan menggunakan CMS (content manajemen sistem) dimana CMS ini banyak sekali macamnya namun paling populer dan yang akan kita pelajari adalah membuat website dengan menggunakan CMS Wordpress.

Menginstal Wordpress
Sebelum kita Menggunakan CMS Wordpress kita harus menginstal dulu script WordPress di hosting kita, hal ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu cara manual dan cara otomatis, cara manual dilakukan dengan cara mengupload manual script WordPress ke hosting kita, sedangkan cara otomatis dilakukan dengan cara menginstal langsung di Cpanel hosting kita.

Cara otomatis ini lebih mudah kita lakukan karena kita hanya membutuhkan beberapa klik saja dan Wordpress pun bisa terinstal dengan baik, bahkan kita bisa mengakses website kita sesaat setelah proses penginstalan selesai.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Masuk ke cpanel hosting anda
2. cari di bagian menu aplikasi kemudian pilih softacolous atau fantastico, kemudian klik salah satu aplikasi tersebut.
3. Setelah kita berada di dalam halaman aplikasi kemudian cari logo wordpress kemudian klik install.
4. Setelah itu kita akan diarahkan ke halaman pengaturan penginstalan, masukkan data-data yang dibutuhkan.
5. Proses instalasi selesai kita cek wp-admin tari WordPress yang kita miliki, dengan cara klik Link yang mengarah ke wp-admin tersebut kemudian masukan username dan password yang telah dibuat.
6. Jika anda telah sukses login ke halaman dashboard WP admin, maka anda telah berhasil menginstal WordPress dan website siap digunakan.

Mengenal wp-admin
Pada bahasan kali ini kita akan mengenal fitur-fitur yang ada di dalam wp-admin, fitur-fitur ini bisa ber tambah sesuai dengan theme atau plugin yang kita pasang, tetapi kali ini kita akan membahas secara default saja.

Dashboard
Menu dashboard digunakan untuk mengetahui secara ringkas dari situs atau wordpress yang kita miliki, menu ini juga akan memberitahu kita apabila terdapat update yang dilakukan oleh Wordpress.

Posts
Menu Posts digunakan untuk membuat, mengedit atau menghapus postingan yang akan kita tampilkan di dalam website kita, menu posts juga bisa digunakan untuk melihat postingan-postingan yang telah kita buat.

Media
Menu media digunakan untuk menyimpan atau menambahkan file media yang akan kita upload ke website kita, disini kita juga akan menemukan file-file media yang telah kita upload serta bisa mengedit informasi file media tersebut.

Pages
Menu page digunakan untuk membuat halaman yang ada di halaman website kita, biasanya digunakan ketika kita akan membuat halaman halaman penting yang biasanya ada di dalam setiap website seperti halaman about, kontak dan lain-lain.

Comments
Menu comment digunakan untuk melihat atau mengedit komentar yang masuk ke website kita, kita bisa memilih mana saja komentar yang diijinkan untuk tampil di website kita dan mana yang tidak diijinkan tampil di website kita.

Appearance
Menu appearance digunakan untuk mengedit tampilan website kita, baik itu berupa theme, widget, menu atau tampilan secara umum lainnya. Kita juga bisa mengedit file html dari halaman website kita termasuk saat kita menambahkan kode verifikasi atau pixel yang akan Dimasukan ke dalam website kita.

Plugins
Menu plugins digunakan ketika kita akan menginstal atau menghapus sebuah plugins, di menu ini juga kita akan melihat plugins mana saja yang aktif dan plugins mana saja yang nonaktif, kita juga bisa mengetahui informasi yang ada di dalam plug-in tersebut.

Users
Menu ini digunakan untuk melihat user atau admin yang ada di website kita, kita bisa mengedit password atau nama user yang telah ada bahkan Kita juga bisa menghapus user tersebut.

Tools
Menu tools digunakan untuk kita melakukan suatu tindakan yang ada di website kita seperti meng-import atau meng-export suatu file, menu tous Bisa bertambah sesuai dengan plugin yang kita instal.

Settings
Menu settings digunakan untuk melakukan pengaturan dasar atau lanjutan untuk Website kita, seperti pengaturan tanggal, title, deskripsi dan yang lainnya yang ada di dalam website kita, menu setting juga akan bertambah seiring dengan plugin yang kita install.

Install Theme Wordpress
Theme adalah suatu pengaturan atau fitur yang mendasar yang dimiliki oleh sebuah wordpress, selain itu theme juga bisa meliputi tampilan utama dari situs web kita. Theme memiliki karakter yang berbeda-beda sesuai tujuan dibuatnya theme tersebut.

Misalkan karakter theme untuk toko online berbeda dengan karakter theme untuk blog, baik dari segi pengaturannya, tampilan ataupun hal-hal lainnya yang disesuaikan dengan tujuan pembuatan themes tersebut.
Untuk Instal theme pada WordPress sangatlah mudah, tinggal kita masuk di wp-admin dan cari menu appereance lalu klik theme dan kita pilih theme yang diinginkan baik itu dan bawaan WordPress itu sendiri atau theme yang ada di directory Wordpress bahkan kita bisa mengupload sendiri yang akan kita install.

Apabila kita ingin menginstal theme yang disediakan oleh Wordpress maka kita tinggal memilih theme tersebut kemudian klik activate, apabila kita ingin menginstal yang theme ada di directory WordPress maka kita pilih add new kemudian cari/search theme yang diinginkan.

Apabila kamu telah memiliki sebuah theme baik itu membuat sendiri ataupun membeli dari orang lain, maka kita tinggal menguploadnya ke website kita, caranya klik addnew kemudian klik upload theme dan kita tinggal pilih theme yang akan kita upload kemudian activate.

Perlu diingat bahwa ada banyak sekali theme wordpress yang bisa kita dapatkan, ada yang premium dan ada juga yang gratis, akan tetapi yang premium cenderung lebih baik dan lebih aman untuk kita install dibanding yang gratis.

Theme premium memang memerlukan biaya untuk memakainya, banyak sekali situs-situs yang jual theme WordPress premium, kita juga bisa melakukan pencarian di search engine seputar theme terbaru yang bisa kita beli tu Theme premium bisa dibeli di themeforest, Theme Id  etc

Theme premium memiliki pengaturan yang berbeda-beda sesuai dengan fitur yang telah dibuat oleh orang yang membuatnya, maka dari itu ketika kita hendak menginstall theme premium kita harus mempelajari terlebih dahulu fitur dan pengaturan dari theme tersebut yang biasanya telah disediakan di dalam paket pembelian.

Saya sarankan untuk Anda untuk menginstal theme premium, karena theme premium lebih aman dan lebih profesional karena memiliki fitur yang lebih banyak yang bisa membantu web kita menjadi lebih bermanfaat.

Instal Plugin
Seperti diketahui bahwa CMS WordPress menjadi favorit bagi para pelaku blogging atau internet marketing dikarenakan banyak fitur pelengkap yang menjadikan web kita lebih profesional dan lebih berguna bagi user.
Apabila kita menguasai teknik pengetahuan seputar web development, maka kita bisa membuat sendiri tambahan tambahan atau fitur-fitur pelengkap tersebut sesuai dengan ide yang kita dapatkan, di dalam WordPress fitur pelengkap atau tambahan tersebut disebut juga dengan plugin.

Dalam melakukan instalasi plugin prosesnya hampir sama dengan proses instalasi theme, yaitu klik menu plugin, click add new, dan kita cari plugin yang diinginkan bisa juga melalui fitur pencarian, lalu klik install now.

Apabila kita memiliki plugin yang telah kita beli dari seseorang atau suatu situs web tertentu maka kita bisa mengupload plugin tersebut dengan mengklik menu upload kemudian mencari plugin yang dipilih kemudian menginstalnya.

Sama halnya seperti theme plugin juga memiliki versi gratis dan berbayar (premium), dimana biasanya versi gratis memiliki fitur yang terbatas dibanding versi premium, apabila anda memiliki kemampuan dana maka saya sarankan untuk membeli plugin premium agar fitur yang diberikan lebih maksimal.

Beberapa plugin gratis yang biasanya saya gunakan:
Acunetix WP Security
Auto NoFollow Links
Better Delete Revision
Broken Link Checker
Dagon Design Sitemap
Digg Digg
EXIF-Remove-ImageMagick
Google Analytics Dashboard for WP
jQuery lazy load plugin
PuSHPress
Rename wp-login.php
SEO Friendly Images
W3 Total Cache
WP Content Copy Protection
WP Limit Login Attempts
WP Smush
WP-SpamShield
WPtouch Mobile Plugin
Yet Another Related Posts Plugin
Yoast SEO
Chap Secure Password Login

Demikian Materi "membuat website wordpress " yang bisa di  pelajari Dengan memahami materi tersebut,anda  bisa membuat website apapun terserah  bisa membuat blog, website perusahaan. toko online dll...Jadi pastikan praktekan materinya yah....

Dimateri selanjutnya akan belajar materi tentang "Struktur atau Bagian-Bagian Website"
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com

" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila anda ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing. Saya sangat menyarankan agar bergabung bersama tim JagoanIM.com

Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita
materi selanjutnya kita akan belajar "Struuktur Website"

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID