Minggu, 01 Januari 2017

Struktur website


Apakah Struktur website itu?
Struktur website adalah bagian yang ada di dalam website yang memiliki beberapa fungsi satu sama lain yang saling berhubungan sehingga terciptalah sebuah website yang anda miliki yang bisa memberikan manfaat bagi pengunjung.

Memiliki struktur website yang baik bisa memudahkan search engine ataupun pengunjung website dalam memahami dan menjelajahi situs web anda, memiliki struktur web yang baik juga bisa membuat website terlihat lebih profesional.

Berikut beberapa bagian-bagian dari website yang harus ada atau menjadi standar bagi kita ketika akan membuat website:

Theme
Khusus bila kita menggunakan CMS WordPress maka theme merupakan faktor penting agar web kita memiliki fungsi yang optimal, memiliki theme yang buruk bisa membuat website kita sulit untuk dipahami, terutama di mata search engine.
Yang perlu diperhatikan ketika kita mau membeli atau memilih Theme:

Responsive
Yang dimaksud responsif adalah theme yang digunakan nantinya dapat diakses dengan baik mengikuti perangkat yang digunakan oleh pengunjung, misalnya aneka perangkat seperti PC, smartphone atau tablet.

Fast-loading
Tidak hanya menampilkan tampilan yang baik akan tetapi loading dari theme tersebut haruslah cepat tidak lemot saat diakses, karena kalau web kita loadingnya lama maka akan menyebabkan pengunjung web meninggalkan situs web kita.

Saran saya sebaiknya menggunakan theme WordPress yang simpel saja, yang tidak terlalu banyak penggunaan coding html, JavaScript, jquery dan yang lainnya sehingga loading ketika theme tersebut diakses menjadi ringan namun tetap usahakan tampilan webnya kita terlihat rapih.

Theme yang sesuai dengan jenis website
Memiliki theme yang sesuai dengan jenis website sudah tentu adalah hal yang cukup penting misalnya jika web kamu bertujuan untuk toko online maka pilih theme toko online, ini bisa memudahkan kita ketika melakukan pengaturan website tersebut, theme toko online biasanya kompetibel dengan plugin seputar toko online.

Sama halnya ketika kita membuat website yang bertujuan untuk membuat sebuah Blog pribadi, theme wordPress yang kita pilih juga harus menyesuaikan agar blog kita terlihat maksimal dan memiliki fitur-fitur yang mendukung aktivitas blogging yang kita lakukan.

Kompatibel dengan Browser
Ini juga penting, jangan sampai theme yang kita pakai atau digunakan tidak bisa diakses untuk berapa browser tertentu, paling tidak theme yang kita gunakan cocok atau kompatibel dengan Browser yang populer atau sering digunakan banyak orang seperti Chrome, safari, mozilla dan Internet Explorer.

Karena ada beberapa theme yang tidak kompatibel dengan browser tersebut, biasanya di bagian Deskripsi dari theme tersebut diberikan informasi seputar browser-browser yang kompatibel dengan theme tersebut.

Seo Friendly
Agar web kita memiliki traffik atau pengunjung yang banyak dari search engine, maka theme yang kita gunakan untuk Website kita harus SEO friendly agar search engine lebih mudah memahami konten atau isi dari website kita.

Namun di era sekarang ini hampir semua theme wordpress sudah mempunyai fitur SEO friendly karena para developer theme sudah mengetahui betapa pentingnya itu SEO friendly bagi para pelanggan yang membeli theme tersebut.

Terlihat rapih dan profesional
Theme yang kita gunakan sebaiknya terlihat rapi baik itu tampilannya maupun coding yang ada di dalamnya, selain itu theme tersebut juga harus terlihat profesional agar web kita memiliki trust yang baik dimata user atau pengunjung.

Terutama dalam hal tata letak yang dimiliki oleh theme tersebut, karena banyak theme baru WordPress yang memiliki tata letak kurang baik atau tidak enak dilihat, hal ini bisa membuat pengunjung web tidak nyaman dalam menjelajahi website kita.

Demikian tips di saat kita akan memilih atau membeli suatu theme wordpress untuk website kita agr website tersebut terlihat rapih di mata pengunjung dan mendapatkan nilai yanga baik di mata search engine.

Navigasi web
Navigasi dalam web adalah semacam petunjuk bagi orang-orang yang mengunjungi situs web kita, dengan memiliki navigasi yang baik, pengunjung web tersebut bisa dengan leluasa menjelajahi semua isi yang ada di dalam website yang kita miliki.

Bayangkan kalau website kita tidak memiliki navigasi yang baik maka ketika ada pengunjung website yang mengunjungi halaman tertentu di website kita, mereka tidak bisa mengunjungi halaman lainnya padahal ini bisa mendapat nilai user experience yang baik dari search engine.

Apa itu user experience? User experience adalah waktu atau tindakan yang dilakukan oleh pengunjung website ketika menjelajahi suatu website, semakin lama waktu yang dihabiskan dan semakin banyak tindakan yang dilakukan oleh pengunjung di website tersebut, maka nilai dari user experience nya semakin baik.

Semakin baik nilai user experience yang dimiliki oleh suatu website maka akan mendapat penilaian yang semakin baik di mata search engine, karena ketika banyak pengunjung yang menghabiskan waktu atau melakukan interaksi di suatu website, itu berarti website tersebut bermanfaat bagi pengunjung tersebut, dan search engine mengetahuinya.

Search engine mengenalnya sebagai bounce rates atau rasio pentalan, yang dimaksud rasio pentalan adalah seberapa banyak pengunjung website menutup halaman web sesaat setelah mereka membuka halaman web tersebut.

Semakin tinggi rasio pentalan dari suatu website maka semakin menunjukkan website tersebut memiliki kualitas yang rendah, hal ini juga menjadi salah satu faktor penentu peringkat hasil pencarian untuk sebuah website di search engine.

Untuk memiliki navigasi yang baik kita cukup memberikan beberapa Widget yang berguna untuk pengunjung website ketika akan menjelajahi situs web kita, misalnya widget kategori, tag, site map HTML, search dan lain-lain.

Fitur social media
Di era sekarang ini social media menjadi salah satu faktor penting bagi suatu web untuk mendapat poin yang baik dimata search engine maupun di mata visitor, website yang memiliki jumlah like atau pengikut di sosial media akan memiliki tingkat kepercayaan yang baik.

Apalagi kalau artikel yang kita posting memiliki jumlah share atau like yang banyak, tentu ini bisa menjadi nilai yang cukup penting dimata search engine yang menganggap artikel kita ini memiliki manfaat yang baik atau cukup berkualitas.

Jadi memiliki fitur social media share atau like bisa bermanfaat bagi website kita dan bermanfaat juga bagi pengunjung web yang ingin sekali men-share artikel yang kita posting karena dianggap bermanfaat bagi orang-orang yang mereka kenal.

Ada beberapa plugin wordPress yang memiliki fitur social media share, beberapa diantaranya adalah gratis dan beberapa lagi berbayar, anda tinggal mencari Di direktori plugin dengan keyword sosial media dan anda bisa mencoba satu persatu. Gunakan Plugin: Simple Share Buttons Adder

Related content
Related konten adalah link-link yang mengarah ke artikel-artikel yang relevant dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung, dengan menampilkan related content pengunjung bisa memiliki pilihan lain atau menambah informasi yang masih ada hubungannya dengan informasi yang sedang dibaca.

Ada beberapa plugin yang bisa digunakan untuk menampilkan related content, kata cukup mencari di direktori plugin Wordpress dengan kata kunci related content lalu pilih plugin yang kompatibel dengan WordPress yang digunakan.

Kita juga bisa menampilkan fitur recent post, yaitu sebuah fitur yang sebenarnya sudah ada disetiap wordpress yang berfungsi untuk menampilkan postingan-postingan terbaru website yang kita miliki, sehingga pengunjung mendapatkan informasi terupdate dari website kita.

Halaman penting
Setiap website sebaiknya memiliki halaman yang bertujuan sebagai pengenalan, peraturan atau apapun yang ingin disampaikan kepada seluruh pengunjung website, hal ini biasanya menjadi standar bagi website website yang ada di luar negeri terutama bagi website yang akan mengikuti program affiliasi.

Beberapa halaman penting yang umum ditampilkan di dalam website diantaranya kontak, about, privasi, cookie, site Map, useful links dll. Halaman ini sering kita temui di hampir setiap website dimana setiap halaman memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Internal atau external link
Internal atau external link adalah Link yang ada di dalam postingan kita yang biasanya berada di dalam artikel yang berfungsi untuk menunjukkan topik atau bahasan pada halaman web lain yang mendukung bahasan tersebut.

Misalkan ada kata-kata yang asing yang ada di bahasan atau artikel yang kita posting, maka kita bisa mengarahkan atau membuat link dari kata-kata tersebut halaman yang menjelaskannya, baik itu yang berada di dalam website kita olahraga di website lain.

Memiliki internal atau external link di dalam website bisa memberikan informasi yang beragam kepada pengunjung, artinya kita bisa memberikan rekomendasi kepada pengunjung terkait informasi yang dianggap kurang jelas.

Media file
Media file di dalam sebuah website berfungsi file penyimpanan dari media-media yang telah kita upload, dengan memiliki Media file yang bisa diakses oleh pengunjung web ini cukup bermanfaat bagi mereka, apalagi kalau media yang kita upload berisi sesuatu yang informatif.

Saya juga menyarankan bahwa ketika kita membuat sebuah artikel haruslah memiliki setidaknya satu media file baik itu video, gambar atau yang lainnya, ini bisa memberikan nilai lebih baik dimata search engine atau di mata pengunjung website kita.

XML Sitemap
Xml sitemap adalah peta sebuah situs web yang menunjukkan content secara keseluruhan yang ada di dalam website kita, dengan memiliki xml Site Map search engine bisa dengan mudah menjelajahi semua halaman-halaman yang ada di website kita.

Xml Sitemap juga bisa kita submit ke Google Search console atau Webmaster tool lainnya, agar artikel yang kita buat lebih diprioritaskan untuk dijelajahi oleh search engine sehingga proses pengindeksan lebih mudah dilakukan.

Demikian Materi "Struktur website " yang sebaiknya ada saat membuat website apapun type web-nya.. dengan memahami materi tersebut, Pak salahuddin bisa membuat website dengan lebih profesional dan memiliki tingkat kepercayaan lebih baik di mata pengunjung web 

Dimateri selanjutnya  akan belajar materi tentang "Tipe2 Website Yang Umum digunakan Oleh Masyarakat"
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com

" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..

Sukses Buat kita
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID